Lights Of Heaven - AppStarting

Jumat, 22 September 2017

Berang-Berang



Image result for jenis berang-berang air tawar

Berang-berang adalah mamalia semi-akuatik. Berang-berang berbentuk mirip musang, berang-berang memiliki tungkai yang relatif lebih pendek, dengan cakar yang berselaput, rambut-rambut di tubuhnya terdiri dari dua lapisan. Bagian luar dengan rambut-rambut yang panjang dan relatif keras, kaku, dan bagian dalam dengan rambut-rambut yang halus, lunak. Lapisan dalam ini tidak tembus air dan memerangkap udara di dalamnya, sehingga menjaga kulit berang-berang tetap kering dan hangat meskipun tengah berenang di air yang amat dingin.
Berang-berang merupakan hewan yang lincah dan aktif, memburu mangsanya di perairan atau di dasar sungaidanau, dan laut. Kebanyakan jenis hidup dan tinggal di dekat air, masuk ke badan air untuk berburu atau berpindah tempat, namun sebagian besar waktunya dihabiskan di daratan. Kebalikannya, berang-berang laut menghabiskan sebagian besar hidupnya di laut.

Ikan merupakan makanan utama bagi kebanyakan berang-berang. Sebagai selingan, berang-berang juga memangsa kodokudang, dan yuyu. Jenis berang-berang tertentu pandai membuka cangkang kerang untuk memangsanya, sementara jenis yang lainnya cukup tangkas untuk menangkap mamalia kecil atau burung di habitatnya. Ketergantungan kepada mangsa ini menyebabkan berang-berang rawan terhadap penurunan populasi mangsa.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom:
Animalia
Filum:
Chordata
Kelas:
Mammalia
Ordo:
Carnivora
Famili:
Mustelidae
Subfamili:
Lutrinae

Jenis Berang-berang di Indonesia
1. Berang-berang Bulu Licin atau Lutrogale perspicillata

Berang-berang jenis ini adalah jenis berang-berang yang paling besar yang terdapat di Indonesia. dengan berat mencapai 12 kg dan panjang mencapai 1,2m. berang-berang ini biasa hidup berkelompok, dan makanan yang biasa berang-berag makan seperti ikan, kerang-kerang kecil, katak, tikus dan serangga lainya.

2. Berang-berang Utara atau Lutra lutra

Berang-berang ini tersebar dari Asia sampai Eropa dan berang-berang ini berukuran sekitar 1,5m dengn berat 8 kg, dan juga berang-berang Utara ini mempunyai selaput san cakar yang sangat bagus. berang-berang ini termasuk hewan yang hidup di air tawar dan di air laut seprti tinggal di danau, sungai, persawahan, dan sungai di dataran rendah. Makananya berupa ikan, Kerang-kerang kecil, tikus dan katak.

3.Berang-berang Hidung Berbulu atau Lutra Sumatrana

www.otterspecialistgroup.org
Berang-berang ini mempunyai wujud yg nyaris serupa bersama Lutra lutra namun bersama ciri khas pembedanya adalah rhinarium (bantalan hidung) yg ditumbuhi rambut, sedangkan Lutra lutra tak ditumbuhi rambut. Type ini ialah berang-berang yg paling langka & dicari. Sesudah spesimen tipenya yg dideskripsikan oleh Gray terhadap thn 1865, di Sumatera cuma sempat ditemukan kembali kepada thn 2005 bersama menemukan bangkai terlindas mobil di tepi jalan dekat sungai Musi. Sebelum & setelahnya tak sempat didapatkan berita yg akurat menyangkut keberadaannya di Sumatera. Tapi, penelitian mengenai kategori ini lebih berkembang di negeri lain seperti di Kamboja, Thailand & Vietnam. Menjadi, berita berkenaan ekologi hewan ini masihlah amat sedikit.

4.Berang-berang Cakar Kecil atau Aonyx cinerea

Berang-berang cakar kecil ini hidup berkelompok dgn jumlah anggota akan mencapai lebih dari 20 individu dalam satu grup. Kategori ini lebih toleran kepada aktifitas manusia, sanggup hidup bersama mencari makan keong mas & ikan-ikan mungil di sawah. Berang-berang ini suka kepiting, ikan & keong mas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walrus

Walrus merupakan mamalia laut yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Walrus juga tersebar di Samudera Arktik dan Laut s...