Lights Of Heaven - AppStarting

Minggu, 17 September 2017

Anjing Laut

Image result for anjing laut

Anjing laut adalah mamalia besar dari ordo karnivora. Pada awalnya, anjing laut termasuk ke dalam subordo Pinnipedia, namun sekarang kategori subordo ini telah bergeser menjadi kategori superfamilia. Saat ini, anjing laut dimasukkan ke dalam subordo Caniformia bersama famili Odobenidae (beruang laut / walrus), Otariidae (singa laut), dan Phocidae. Analisis molekular terkini telah membuktikan bahwa anjing laut merupakan kerabat terdekat beruang. Anjing laut umumnya bertubuh licin dan cukup besar. Tubuhnya beradaptasi dengan baik untuk habitat akuatiknya, di mana mereka menghabiskan sebagian besar masa hidupnya. Sebagai tangan, kaki depannya berukuran besar dan berbentuk seperti sirip, dan tubuhnya menyempit ke belakang. Anjing laut terkecil, yaitu Arctocephalus galapagoensis memiliki berat sekitar 30 kg untuk ukuran dewasa dan panjang 1.2 meter. Anjing laut terbesar, yaitu anjing laut gajah selatan (Mirounga leonina) memiliki panjang maksimal hingga 4 meter dan berat 2200 kg.

Klasifikasi Ilmiah :


Kerajaan: Animalia  

Filum: Chordata  
Kelas: Mamalia  
Ordo: Karnivora  
Subordo: Caniformia  
Familia: Odobenidae, Otariidae, Phocidae


Ciri-ciri anjing laut :

  • Tidak memiliki daun telinga
  • Tidak memiliki taring panjang
  •  Moncongnya agak meruncing 
  • Sirip depannya pendek, berbulu tipis, & bercakar
  • Tidak bisa menekuk sirip belakangnya ke depan
  • Tubuhnya diselubungi rambut tipis & pendek
  •  Di darat, berjalan seperti ulat dengan memakai sirip depan & perutnya
  •  Di air, berenang dengan cara menggerakkan sirip belakangnya
Semua jenis anjing laut merupakan hewan karnivora yang memakan ikan, cumi dan hewan laut lainnya. Hydrurga leptonyx kemungkinan merupakan predator terbesar di antara jenis-jenis anjing laut lainnya, yang memakan berbagai macam hewan dari krill hingga penguin hingga anjing laut lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Walrus

Walrus merupakan mamalia laut yang hidup di Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik. Walrus juga tersebar di Samudera Arktik dan Laut s...